Sabtu, 05 November 2011

Psikologi Perkembangan

Sebenarnya tujuan awal nulis nih postingan karena postingan tentang psikologi masih sangat jarang dan sulit nyari di mbah google,.. semoga postingan ini berguna. Bagi yang mau copas, jangan lupa cantumin web aq yaa..

Sejarah psikologi perkembangan itu dimulai saat Medieval Times yakni abad ke 6 sampai abad ke 15. Pada medieval times, anak dilihat sebagai makhluk yang tidak berdosa dan seperti malaikat. Selain itu, bukti-bukti menunjukan bahwa anak kecil dibedakan dengan orang dewasa yakni berdasarkan tulisan, benda-benda sejarah, lukisan dan hukum, pengasuhan, dan kesehatan. Pada masa itu, orang dewasa peka terhadap kebutuhan fisik dan psikologis anak-anak.

Setelah Medieval Times, pada abad 16 mucul teori The Reformation yakni anak terlahir sebagai makhluk yang jahat, tidak baik dan sangat keras kepala. Tujuan pengasuhan anak itu intuk menghilangkan dosa sebagai anak selamat, jadi anak dididik dengan keras.

Pada abad ke 16, Jhon locke mengatakan bahwa anak merupakan tabula rasa dan orang tua dapat membentuk anak sesuai dengan apa yang mereka inginkan. namun pada abad ke 18, J.J. Rousseau mengatakan bahwa anak terlahir dengan keadaan blank state selain itu anak " nouble sauage " yang secara alami diberkahi kemampuan untuk membedakan mana yang baik dan yang buruk.

Nah, itu tadi sejarah perkembangan psikologi sampai abad ke 18.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar