Senin, 07 November 2011

contoh proposal skripsi Pengaruh Usaha Padat Karya TerhadapPertumbuhan Ekonomi Masyarakat Miskin Di Kota Bima”.

judul  "Pengaruh Usaha Padat Karya TerhadapPertumbuhan Ekonomi Masyarakat Miskin Di Kota Bima"

post. by phury 7 Nov. 2011

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah.........................................................        1
B. Rumusan Masalah ..................................................................        3
C. Tujuan Penelitian  ..................................................................        3            
D. Kegunaan Penelitian ..............................................................        3
E. Ruang Lingkup Penelitian......................................................       4
F. Definisi Operasional Variabel ................................................        5

BAB II  KAJIAN PUSTAKA
A. Tinjauan Tentang usaha Padat Karya .................................        6
a. Pengertian Usaha Padat Karya........................................        6
b. Tujuan Usaha Padat Karya..............................................        6
B. Teori Pertumbuhan Ekonomi ..............................................        7
a. Pengertian Pertumbuhan Ekonomi..................................        8
b. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan
    Ekonomi..........................................................................        9
c. Tujuan Pertumbuhan Ekonomi........................................        10
C. Kemiskinan..........................................................................        12
a. Pengertian Kemiskinan....................................................        12
b. Indikator Kemiskinan......................................................        13
c. Penyebab Terjadinya Kemiskinan...................................        15

BAB III METODELOGI  PENELITIAN
A. Rancangan Penelitian .........................................................        17
B. Populasi dan Sampel............................................................        17
C. Instrumen Penelitian ...........................................................        18
D. Prosedur Penelitian .............................................................        18
E. Tehnik Analisa Data ...........................................................        19
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Angka kemiskinan dan pengangguran yang cenderung meningkat akhir-akhir ini, Sejak krisis ekonomi menggelinding Juli 1997 masih menyisahkan persoalan –persoalan yang perlu penanganan serius dan terprogram dengan baik.keadaan kian parah akibat  ekonomi global yang melanda  seluruh  Negara di dunia pada saat ini. Bila hal ini tidak didorong dengan upaya menum buhkan wirarausaha baru dan mengembangkan wira usaha yang sudah ada.yakinlah beban pemerintah akan semakin berat bahkan dapat menjadikan bangsa ini miskin berkepanjangan hingga makin sulit keluar dalam lingkaran tersebut.
Untuk mengantisipasi krisis yang berkepanjangan dan menghadapi era  globalisasi serta perdagangan bebas kedepan, pemerintah kita khususnya pemerintah kota  bima, memiliki fisi untuk memperbaiki kota bima, yang salah satunya adalah merencanakan suatu program perbaikan di bidang ekonomi khususnya dalam meningkatkan pemenuhan kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat kota  bima   sehingga  terwujud masyarakat yang adil, cerdas, mandiri, trampil, sejahtera, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagaimana yang menjadi sasaran dan tujuan pembangunan nasional jangka panjang.
Pada dasarnya pembangunan daerah di arahkan untuk menciptakan terwujudnya masyarakat pembangunan dan  hasil-hasilnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat, menggalakan prakarsa dan peran aktif masyarakat serta meningkatkan pendayagunaan potensi daerah secara optimal dan terpadu. Dalam mengisi otonomi daerah yang nyata, dinamis serta serasi dan bertanggung jawab serta memperkuat persatuan dan kesatan bangsa.
Dalam upaya pemerataan pembangunan di seluruh tanah air, pembangunan daerah dan kawasan yang kurang berkembang, misalnya dikawasan timur Indonesia, daerah terpencil dan daerah perbatasan perlu ditingkatkan sebagai perwujudan wawasan nusantara (UUD 1945 Tap No. 11/MPR/1993).
Pada umumnya perkembangan dunia usaha dan usaha kecil yang ada di kota bima saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat di segala sektor perekonomian baik jasa maupun barang, hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat Bima sangat meningkat dan  komleks. Oleh karena itu, pemerintah perlu memberikan perhatian pada badan usaha  yang bergerak disektor perekonomian.
Konsep pembangunan dunia usaha sebenarnya sudah lama dilakukan, seperti dengan membantu berbagai peralatan dan teknologi manajemen usaha, permodalan serta pasar dan informasi pasar. Meskipun ada usaha kecil atau menengah yang maju dan berkembang, namun tidak sedikit jalan ditempat, bahkan ada yang gulung tikar, walupun sudah “dibidani” cukup lama karena semuanya tergantung pada aspek mental pengusaha itu sendiri.
Kalau sebuah usaha telah ada dan tumbuh berkembang ia tentunya memiliki program pengembangan yang telah dituangkan dalam proyek, seperti pelatihan, penelitian, pendampingan maupun bantuan permodalan. Namun bagi yang menganggur diperlukan program tersendiri yakni bagaimana menumbuhkan semangat kewirausahaan agar menjadi wirausaha baru. Dalam hal ini usaha padat karya diarahkan untuk mempercepat pembangunan guna meningatkan pendapatan dan taraf hidup masyarakat pada umumnya  khususnya memperluas lapangan kerja dan kesempatan usaha serta mengisi dan memperluas pasar.
Atas dasar itulah peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul  “Pengaruh Usaha Padat Karya TerhadapPertumbuhan Ekonomi Masyarakat Miskin Di Kota Bima”.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat di kemukakan rumusan masalah sebagai berikut : Adakah pengaruh usaha padat karya terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat miskin di kota bima ?
C.    Tujuan Penelitian
            Dari uraian rumusan masalah diatas, tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh usaha padat karya terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat miskin di Kota Bima.
D.    Kegunaan Penelitian
            Kegunaan yang dapat diperoleh dalam penelitian ini, terdiri dari kegunaan secara teoritis dan kegunaan secara praktis sebagai berikut:
1.      Secara teoritis
            Untuk menambah khasanah keilmuan dibidang di bidang ekonomi pada umumnya dan dan khususnya mengenai kebijakan ekonomi.
    
2.     Secara praktis
a.     Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada pemerintah untuk membuat kebijakan dalam bidang ekonomi.
b.     Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu pengusaha kecil dalam memperbaiki perekonomiannya.
c.     Membantu memecahkan dan mengantisipasi  masalah yang ada pada objek yang diteliti.
E.     Ruang lingkup Penelitian
1.      Variabel penelitian
Menurut arikunto (2002:104 )”Variabel dalah gejala yang bervariasi, yang menjadi objek penelitian”sedangkan yang menjadi variabel penelitian ini adalah pertumbuhan ekonomi dan usaha padat karya dimana pertumbuhan ekonomi sebagai variabel dependen, usaha padat karya sebagai variabel independen.
2.      Subyek penelitian
Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah masyarakat miskin kota bima.
3.      Waktu penelitian
Penelitian berlangsung selama 2 (dua) bulan  di mulai dari  bulan Januari  25 sampai dengan 25 Maret 2010.phury-hawonphury-hawon
F.     Definisi Operasional Variabel
Agar tidak terjadi kekeliruan dalam menafsirkan dari judul penelitian ini, peneliti perlu mendefinisian istilah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut:
1.      Usaha padat karya adalah suatu usaha yang lebih menekankan pada jumlah tenaga kerja untuk melakukan kegiatan produksi (WWW.padatusaha.com)
2.      Prtumbuha ekonomi merupakan suatu proses naiknya output perkapital yang terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama dan terus menrus (Bryan Lowes dan Cristhoper Pass,2001).
3.      Masyarakat miskin menurut Sen (1999) kemiskinan lebih terkait pada ketidakmampuan untuk mencapai standar hidup tersebut dari pada apakah standar hidup tersebut tercapai atau tidak.


BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.    Usaha Padat Karya
a.      Pengertian Usaha Padat Karya
b.      Jenis Usaha Padat Karya
c.       Tujuan Usaha Padat Karya
B.     Teori Pertumbuhan Ekonomi
a.      Pengertian Pertumbuhan Ekonomi
b.      Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi
c.       Tujuan Pertumbuhan Ekonomi
C.    Kemiskinan
a.      Pengertian Kemiskinan
b.      Indikator Kemiskinan
c.       Penyebab Terjadinya Kemiskinan
D.    Pengaruh Usaha Padat Karya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi



BAB III
MODEL PENELITIAN 

A.    Rancangan penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis ekonometrika.
B.     Populasi dan sampel
1.      Populasi
Populasi diartikan sebagai wilayah generaliasi yang terdiri atas obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang  diterapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya (Arikunto,2002:108). Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat miskin dan pelaku usaha padat karya. yang ada di Kota Bima yang berjumlah 19.550 orang untuk masyarakat miskin dan 10 jenis usaha padat karya.

2        Sampel
Pengambilan sampel yang representatif yaitu mewakili populasi dalam arti semua cirri-ciri atau karakteristik yang ada pada populasi tercermin dalam sampel. Maka untuk sekedar encer-encer, jika subyeknya besar dapat diambil 10% sampai sengan 15% atau 20% sampai dengan 25% atau lebih (Arikunto,2002;112). Berdasarkan pendapat tersebut pada penelitian ini sampel ditentukan dari jumlah sebagian populasi yang besar sampel yang diambil adalah 25% dari jumlah seluruh populasi yaitu sebesar 4888 orang.



C.    Instumen penelitian  
Instrument penelitian adalah alat di gunakan untuk mengukur dan cara yang gunakan sehingga data di jaring. Yang menjadi instrument dalam penelitian ini adalah menggunakan metode dokumen. Dokumen merupakan catatan peristiwa yang sudah lalu, dokumen bisa berbentuk tulisan, gambar atau karya monumental. Dalam hal ini peneliti mengambil data sekunder yang berasal dari instansi pemerintah terutam Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bima mengenai ju8mlah penduduk miskin dan pertumbuhan ekonomi.
D.    Prosedur penelitian 
      Prosedur penelitian merupakan langkah atau tahap dalam melakukan penelitian.dalam penelitian ini ada beberapa tahap yang harus peneliti lalui yaitu:
1.      Tahap persiapan
a.       Peneliti mengajukan judul skripsi kepada ketua program studi pendidikan Ekonomi pada STKIP Bima
b.      Menyusun proposal  serta melakukan seminar dan pembuatan surat ijin penelitian di lakukan  pada BPS Kota Bima.
2.      Tahap pelaksanaan
a.       Mengumpulkan data
b.      Mengidentifikasi model penelitian di atas secara sistimatis.
c.       Mengelolah data
d.      Menganalisa data 

E.     Teknik Analisa Data
      Dalam hal analisis data kualitatif Bogdan menyatakan bahwa analisis data adalah proses mencari dan menyusun secara sistimatis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan bahan-bahan lain, sehingga mudah dipahami dan temuannya dapat di informasikan kepada orang lain.
Analisis data dilakukan berupa analisis deskriptif dan analisis ekonometrik. Analisis deskriptif yaitu dengan menyajikan data dalam bentuk tabel dan grafik sedangkan analisis ekonometrik yaitu analisis yang dilakukan dengan menggunakan panel data. Hal ini dilakukan untuk menelaah pengaruh usaha padat karya terhadap pertumnuhan ekonomi dan faktor-faktor lain terhadap kemiskinan. Panel data yang digunakan dalam ekonometeik adalah time series tahun 2003 sampai dengan 2008.


DAFTAR PUSTAKA

Amir,A.1997.Pedoman Penulisan Karya Ilmiah STKIP Bima, Bima:CV. Usaha Tunggal

Rians usman, Abdi 2008.Metodelogi Penelitian Sosial dan Ekonomi.Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
­­­


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar